• BAMBUKU.ID - BISNIS SOCIOPRENEUR


    Assalamu'alaikum Sobat Aby semuanya, kali ini Aby mau haring-sharing mengenai manajemen rantai pasok salah satu bisnis yang menarik yaitu Bambu, memang bisnis ini mau apakan bambunya ya :) penasaran kan? baca artikel berikut sampai selesai
    Bambuku.id - Sedotan Bambu
    PENDAHULUAN
    Latar Belakang
    Pengangguran dan sampah plastik merupakan dua masalah yang selalu menjadi bumerang di Negara Indonesia. Seiring berjalannya waktu penduduk Indonesia terus bertambah begitu pula dengan penggunaan produk berbahan plastik seperti sedotan plastik dan lain sebagainya. Salah satu contohnya adalah penggangguran yang terdapat di Desa Ciapus Kabupaten Bogor dikarenakan putus sekolah sehingga sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, bisnis Bambuku.id hadir untuk memutus rantai permasalahan tersebut. Bisnis Bambuku.id merupakan bisnis yang berbasis sociopreneur yang mengajak pemuda-pemuda menganggur terutama karena putus sekolah di Desa Ciapus Kabupaten Bogor untuk lebih produktif dengan memproduksi produk-produk dari bambu guna mendukung perekonomian pemuda tersebut dan mendukung gerakan green environmental untuk lingkungan yang lebih baik terbebas dari sampah plastik.
    Tim yang dibentuk oleh Bambuku.id murni pemuda-pemuda yang berminat dalam meningkatkan nilai perekonomian baik untuk diri sendiri maupun untuk desanya dan mau belajar dalam memproduksi produk-produk bambu seperti sedotan. Target pasar yang menjadi sasaran utama Bambuku.id adalah Horeka (hotel, restaurant dan kafee) yang mendukung green environmental. Selanjutnya, jika dilihat dari segi kompetitor, produk Bambuku.id memiliki diferensiasi dengan produk bambu yang lain seperti kustomisasi, metode pembakaran dan Bambuku.id menyuarakan campaign social “bamboo for school” yang artinya dengan membeli produk Bambuku.id kita telah membantu anak di desa Muruharja untuk Bersekolah. Oleh karena itu, Bambuku.id akan menjadi peluang bisnis besar ke depannya dalam membantu mengurangi jumlah pengangguran dan mendukung green environmental.
    Desa Ciapus Bogor adalah salah satu desa yang memiliki potensi baik dari segi sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Desa Ciapus memiliki potensi berupa luas lahan bambu sekitar 1,3 hektare dan memiliki jumlah pemuda putus sekolah sebanyak 17 orang. Oleh karena itu, Bambuku.id mengambil objek ini sebagai bahan penelitian tentang pemberdayaan pemuda desa Ciapus Bogor agar bisa menjadi seorang wirausahawan bambu dengan mengembangkan potensi yang ada, seperti adanya keahlian dan potensi wirausaha dari para pemuda serta tersedianya bambu yang banyak menjadi faktor pendukung terwujudnya wirausahawan bambu. Jadi, Bambuku.id mencoba untuk melakukan pemberdayaan pemuda untuk mewujudkan sesuatu yang bermanfaat melalui pembuatan produk bambu yang nantinya akan dipasarkan guna membantu perekonomian pemuda putus sekolah tersebut dan ekonomi Desa Ciapus.
    Jika dikaitkan dengan industry halal, Bambuku.id merupakan salah satu dari banyaknya bisnis yang termasuk dalam industry halal. Hal tersebut dapat dilihat dari input, proses dan output yang dilakukan oleh Bambuku.id. Selain itu, tujuan utama bisnis bambuku.id adalah mengurangi pengangguran dengan memanfaatkan tenaga pemuda yang ingin meningkatkan dari segi ekonomi.



    Rumusan Masalah
    Adapun berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan beberapa rumusan masalah sebagai berikut :
    1.    Bagaimana kegiatan produksi, distribusi atau manajemen rantai pasok bisnis Bambuku.id?
    2.    Bagaimana Strategi pengembangan yang dilakukan oleh bisnis Bambuku.id?

    Tujuan Penulisan
                Adapun berdasarkan permasalahan yang telah dirumuskan, maka tujuan penulisan artikel ini adalah :
    1.    Menganalisa kegiatan produksi, distribusi atau manajemen rantai pasok bisnis Bambuku.id.
    2.    Menganalisa Strategi pengembangan yang dilakukan oleh bisnis Bambuku.id.


    PEMBAHASAN
    1.    Manajemen Rantai Pasok Bambuku.id

    Bambuku.id merupakan bisnis sociopreneur  yang berfokus memproduksi produk yang berasal dari bamboo seperti sedotan bamboo, gelas bamboo, cindera mata bamboo, packaging busana seperti baju. Jika diperhatikan bagaimana bambuku.id memperoleh bahan baku seperti bamboo, proses produksinya sampai produknya ke konsumen dapat dilihat pada skema rantai pasok berikut ini:

    2.    Strategi pengembangan bisnis Bambuku.id
    2.1    Analisis SWOT


                      INTERNAL








    EKSTERNAL
    Strenghts (S)
    1.   Sedotan bambu sebagai produk yang Ramah Lingkungan
    2.   Menjadi wadah pengembangan produktivitas Pemuda desa Ciapus Bogor
    3.   Menjadi lowongan pekerjaan baru masyarakat di desa Ciapus.
    Weakness (W)
    1.    Pembuatan sedotan bambu mudah ditiru.
    Opportunities
    (O)
    Adanya campaign tentang green behavior dan pelarangan menggunakan sedotan plastik di sejumlah horeka (hotel,restoran,kafe) Bogor,menjadi peluang pasar bagi kami untuk menjadi mitra mereka.
    Strategi (SO)
    Strategi yang kami bangun adalah dengan menjadi mitra bagi hotel,restoran dan kafe (horeka) di Bogor,dimana kami akan menjadi penyuplai sedotan bambu dan cendramata khas bogor berbahan dasar bambu. Sehingga penggunaan sedotan plastik dapat dikurangi khususnya daerah Bogor dan Bogor memiliki ciri khas disetiap horeka nya.
    Strategi (WO)
    Untuk mengatasi kelemahan sedotan bambu yg mudah ditiru kami menggunakan strategi brand awarness dengan mutu dan kualitas yang dijaga sebaik mungkin dan pelabelan pada setiap produk kami. Dan kami menyuarakan campaign social “bamboo for school” yang artinya dengan membeli produk Bambuku.id kita telah membantu anak didesa muruharja untuk Bersekolah.
    Threats (T)
    Cuaca di Bogor yang didominasi mendung dan hujan menyulitkan dalam hal pengeringan bambu untuk sedotan.
    Strategi (ST)
    Untuk mengatasi cuaca di kota bogor dalam pengeringan,maka kami berupaya membeli oven agar pengeringan dilakukan dengan oven.
    Strategi (WT )
    Terus melakukan hubungan yang baik pada konsumen dan menempatkan kami dihati mereka agar ketika mereka ingat sedotan ingat Bambuku.id.




    2.2    Analisis STP
    Gelas
    Berikut bahasan mengenai aspek rencana pemasaran produk Bambuku.id menggunakan strategi bisnis berupa STP (Segmenting, Targetting dan positioning)
    a)   Segmentasi
    Dalam hal segmentasi Bambuku.id membagi menjadi tiga bagian penting yaitu segmentasi geografik, demografi dan psikografi. Berikut penjelasan mengenai masing-masing segmentasinya ;
    ·    Segmentasi Geografi, pada segmen ini Bambuku.id dapat dipasarkan ke seluruh daerah, namun Bambuku.id akan fokus pada daerah-daerah yang memiliki bangunan hotel, restaurant dan kafee yang mendukung green environmental, contohnya adalah mengganti sotan plastic menjadi sedotan bambu yang lebih ramah lingkungan.
    ·   Segmentasi Demografi, pada segmen ini Bambuku.id dapat masuk kesemua kalangan baik muda maupun tua, keluarga pendapatan rendah maupun tinggi, suku, agama, ras dan lain sebagainya. Namun Bambuku.id fokus kepada masyarakat yang mendukung green environmental.
    · Segmentasi Psikogafi, pada segmen ini Bambuku.id dapat menyesuaikan produk-produknya sesuai dengan gaya hidup, kelas social dan kepribadian. Contohnya Bambuku.id akan menjalankan system kustomisasi produk sesuai dengan keinginan pelanggan.
    b)   Targeting
    Adapun target yang akan Bambuku.id tujukan adalah Horeka (Hotel, restaurant dan kafe) daerah jabodetabek terutama daerah kabupaten/kota Bogor. Hal ini di dukung dengan adanya peraturan yang ditetapkan oleh walikota Bogor mengenai tidak menggunakan bahan dasar plastik seperti sedotan plastik di daerah Bogor, oleh karena itu hal tersebut menjadi modal awal dan target yang tepat untuk memasarkan produk berbahan bambu sebagai produk yang ramah lingkungan.
    c)    Positioning
    Adapun positioning produk Bambuku.id dapat dilihat dari ramah akan lingkungan dibanding bahan berdasar plastik seperti sedotan dan lain-lain. Perbedaan lainnya pemesanan produk Bambuku.id dapat kustomisasi sesuai dengan keinginan pelanggan. Selain itu, dengan membeli produk Bambuku.id akan membantu anak-anak Desa Ciapus Bogor untuk bersekolah yaitu persenan donasi dari Bambuku.id.

    KESIMPULAN
    Bambuku.id merupakan bisnis yang berbasis sociopreneur yang mengajak pemuda-pemuda menganggur terutama karena putus sekolah di Desa Ciapus Kabupaten Bogor untuk lebih produktif dengan memproduksi produk-produk dari bambu guna mendukung perekonomian pemuda tersebut dan mendukung gerakan green environmental untuk lingkungan yang lebih baik terbebas dari sampah plastik. Manajemen rantai pasok yang diterapkan oleh bisnis ini modelnya tergolong sederhana, namun tantangan besarnya adalah pada proses mencari produsen bamboo yang tepat dikarenakan stok bamboo yang terbatas. Namun, startegi pemasaran yang digunakan menjadi solusi untuk menghadapai tantangan tersebut.
  • 0 comments:

    Posting Komentar

    GET A FREE QUOTE NOW

    Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (HR Ahmad).

    ADDRESS

    16116, Bogor, Indonesia

    EMAIL

    mrizalayuby@gmail.com

    TELEPHONE

    0822-7636-3872

    MOBILE

    0822-7636-3872